Skotlandia Berlakukan Dekriminalisasi Narkoba, Apa itu?
Sumber: Jawaban.com

News / 8 July 2023

Kalangan Sendiri

Skotlandia Berlakukan Dekriminalisasi Narkoba, Apa itu?

Lori Official Writer
957

Skotlandia akhirnya memberlakukan dekriminalisasi narkoba. Tindakan ini dilakukan sebagai bentuk penegakan hak asasi manusia (HAM).

Ada banyak diantara pembaca yang mungkin belum paham tentang apa itu dekriminalisasi narkoba. Mari kita bahas di sini! 

Jadi langkah dekriminalisasi artinya pelaku pengguna dan pemilik narkoba yang ditangkap diperlakukan secara normal dan manusiawi oleh masyarakat publik. Mengacu kepada catatan International Drug Policy Consortium, dekriminalisasi sendiri diartikan sebagai penghapusan atau pengambilan jalur non-hukum pidana kepada pelaku narkoba. Konsep dekriminalisasi penggunaan narkoba juga memungkinkan untuk menghapus semua bentuk hukuman bagi pelaku. Pilihan lain adalah penjatuhan sanksi perdata atau administratif dibandingkan dengan hukuman pidana.

 

Baca Juga: Di Dunia Ini, Ada Terowongan yang Menuju ke Neraka

 

Wajar memang jika Skotlandia memilih menerapkan langkah ini karena data statistik menunjukkan bahwa negara ini sedang berjuang menekan kematian akibat narkoba yang telah mencapai 3.7 kali lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara Eropa manapun. Dekriminalisasi diharapkan bisa mengubah krisis ini dengan menawarkan perlakuan yang lebih baik kepada para pecandu narkoba. 

Adapun beberapa jaminan hukumnya adalah bahwa setiap pengguna dan pemilik narkoba tidak akan memiliki catatan kriminal. Jadi mereka yang menjalani rehabilitasi masih tetap punya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan.

Beberapa negara termasuk Australia, juga sudah menerapkan langkah dekriminalisasi narkoba sebagai g solusi yang tepat untuk menggeser pandangan kriminalisasi pengguna narkoba ke dekriminalisasi. Pondasinya sederhana dan kuat, yaitu kriminalisasi tidak lagi mampu menjawab persoalan narkoba di tengah masyarakat.

 

Baca Juga: Di Skotlandia, Natal Dirayakan Selama Enam Pekan

 

Apakah Indonesia akan mengikuti jejak yang sama? Di tengah kasus narkoba yang kita hadapi saat ini, semoga ini bisa jadi solusi yang tepat.

Halaman :
1

Ikuti Kami